Senin, 27 Mei 2013

DIODA sebagai penurun tegangan

Menggunakan DIODA untuk Menurunkan Tegangan Listrik. SIAPA TAKUT !!!



Saya ingin berbagi sedikit tip untuk menurunkan tegangan listrik menggunakan DIODA berdasarkan pengalaman yang pernah saya lakukan. Berawal ketika ada tugas memantau PRAKERIN siswa TITL disebuah Pabrik Gula yang sering digunakan siswa untuk praktek kerja industri, disana seorang pimpinan menunjukkan sebuah pemanas air (bentuknya seperti rice cooker tapi ukurannya buuueessar) dengan daya 2000 Watt dengan tegangan 110 VAC. Menurut pengakuan beliau pemanas air ini sudah lama tidak digunakan, karena tegangan jala-jala yang ada di pabrik sudah menggunakan tegangan 220 VAC.

Salah satu yang umum dilakukan untuk kasus diatas antara lain :
1.      1.  Mengganti elemen pemanas 2000 Watt 110 VAC dengan elemen pemanas 2000 Watt 220 Volt
2.      2.  Menambahkan trafo jenis Step Down ( sebagai penurun tegangan ) 220VAC menjadi 110VAC.

Dari kedua alternative diatas, memang bisa dilakukan tetapi biaya yang harus dikeluarkan juga mahal. Alaternatif yang saya gunakan adalah dengan menambah / memasang sebuah DIODA silicon dengan arus 25A yang dapasang secara seri pada salah satu kaki tegangan input.

Mengapa menggunakan DIODA ?
Dioda merupakan komponen semiconductor yang memiliki fungsi antara lain sebagai penyearah / rectifier. Atau dengan kata lain mengubah tegangan AC menjadi DC. Perhatikan gambar berikut :
 Dari teori salah satu sifat DIODA diatas, saya coba untuk mengaplikasikan untuk permasalahan diatas. Perlu diketahui bahwa elemen pemanas bersifat RESISTIF, jadi tidak ada pengaruh jika menggunakan arus listrik dengan bentuk setengah gelombang.  

Bagaimana menentukan kemampuan arus DIODA ?
Arus yang digunakan pemanas adalah 2000 Watt / 110Volt. Maka secara kasar arus yang dibutuhkan adalah I = P/V   atau sama dengan  2000 / 110 = 18.18 Ampere. Atau dibulatkan sekitar 20A. Untuk batas aman pasang DIODA dengan kapasitas diatas kebutuhan. Pada aplikasi yang saya lakukan adalah dengan memasang DIODA sebesar 25 Ampere, dengan harga Rp. 6000. Bandingkan jika harus membeli elemen pemanas baru atau membeli trafo STEP DOWN baru.
Salah satu bentuk DIODA 25A



Bagaimana cara pasangnya ?
Cara pasangnya cukup mudah, tinggal dipasang secara seri pada kabel bagian fasa atau pada kabel nol juga boleh. Dioda juga demikian bisa dibolak maupun balik juga gak papa. Pemasangan lebih baik tidak disolder melainkan dibaut saja ( takut lepas karena arus yang mengalir besar). Bisa juga menggunakan terminal kabel.
 Terminal kabel

  
Bagian bawah pemanas air ( perhatikan posisi conector listrik)

Setelah pemasangan ini, pemanas air  langsung diujicoba untuk merebus kacang tanah dalam air tentunya. Hasilnya…. Sekitar 20 menit air mendidih dan kacang masak sempurna,………. SELAMAT MENCOBA.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar